BACA JUGA
Memuat...
Selasa, 04 Maret 2014

Pencari Suaka Itu Apa?

08:47
P  e  n  c  a  r  i   S  u  a  k  a
Seringkali terminologi pencari suaka dan pengungsi menimbulkan kebingungan. Seorang pencari suaka adalah seseorang yang menyebut dirinya sebagai pengungsi, namun permintaan mereka akan perlindungan belum selesai dipertimbangkan.
Pencari Suaka Itu Apa?Seorang pencari suaka yang meminta perlindungan akan dievaluasi melalui prosedur penentuan status pengungsi (RSD), yang dimulai sejak tahap pendaftaran atau registrasi pencari suaka. Selanjutnya setelah registrasi, UNHCR dibantu dengan penerjemah yang kompeten melakukan interview terhadap pencari suaka tersebut. Proses interview tersebut akan melahirkan alasan – alasan yang melatarbelakangi keputusan apakah status pengungsi dapat diberikan atau ditolak. Pencari suaka selanjutnya diberikan satu buah kesempatan untuk meminta banding atas permintaannya akan perlindungan internasional yang sebelumnya ditolak.
Sampai dengan akhir Desember 2013, sebanyak 7,110 pencari suaka terdaftar di UNHCR Jakarta secara kumulatif dari Afghanistan (40%), Iran (16%) dan Myanmar (10%) .

Pengungsi

Saat ini (sampai dengan Desember 2011) terdapat 1,006 pengungsi yang terdaftar di Indonesia.

Pencari Suaka

Mereka yang tidak memperoleh status pengungsi disebut sebagai pencari suaka.

Orang-orang Tanpa Kewarganegaraan

Seseorang yang stateless adalah seseorang yang tidak dianggap warga negara oleh negara manapun.

Pengungsi Internal

Di Indonesia, UNHCR hanya memberikan perlindungan dan bantuan bagi pengungsi internal manakala terdapat permintaan dari Pemerintah.

Cerita Tentang Mereka

Berada di tempat yang tidak seharusnya seringkali menyulitkan, namun kita tidak akan mengetahui rasanya sampai kita mengalaminya sendiri. Mereka yang telah mengalaminya, berbagi cerita.

Orang - orang yang menjadi perhatian UNHCR

Secara global, UNHCR memberikan bantuan bagi jutaan orang diseluruh dunia yang meninggalkan negara asal mereka karena konflik yang disebabkan oleh manusia yang dapat membahayakan keadaan mereka.

0 komentar:

Posting Komentar

BERKOMENTARLAH SESUKA ANDA SELAMA ITU:

NO SARA
NO BULLY
NO POR*O

SAYA LEBIH MENGHARGAI JUNKER DARIPADA SILENT READER.

TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGANNYA.

 
toggle footer